oleh : Mitra (Dinas Kominfo)

21 April,  hari yang bersejarah di Indonesia.  Hari dimana lahirnya Raden Adjeng Kartini yang merupakan salah satu pahlawan  Nasional Indonesia yang dikenal aktif menyuarakan hak perempuan.  Raden Ajeng Kartini adalah simbol perjuangan perempuan Indonesia dan salah satu  pelopor dari gerakan emansipasi wanita. Kegigihanya dalam  membela dan memperjuangkan hak-hak kaum perempuan membuatnya senantiasa dikenang. Keberanian dan ketangguhan dibuktikan dengan  tindakannya. Ia  rela berdiri paling depan demi menyuarakan bahwa perempuan berhak bebas dan terlepas dari belenggu kaum penjajah. Kartini merupakan sosok yang selalu riang, sosok yang peka terhadap apa yang terjadi di lingkungannya, dan kaya akan buah pikiran. Hal ini terlihat dari usaha-usaha yang dilakukannya demi mencapai sebuah kesetaraan bagi perempuan Indonesia.

“Habis Gelap Terbitlah Terang”  merupakan sebuah buku yang berisi  kumpulan lebih dari 100 surat yang ditulis Raden Adjeng Kartini untuk sahabat penanya. Didalamnya tertuang  pemikiran-pemikiran  tentang kondisi sosial saat itu dan gagasan Kartini akan emansipasi. Di salah satu suratnya ia mengatakan, sudah lama sekali dia (Kartini) menginginkan kebebasan. Selama ini sebagai perempuan, dia merasa dikurung di dalam rumah. Sedangkan hukum dan pendidikan hanya milik laki-laki belaka. Kartini merupakan sosok yang yang penuh semangat, berseri-seri, dan berani berteriak lantang “ Saya Mau! “ dua patah kata pendek itu merupakan semboyannya dan sudah melalui bergunung-gunung rintangan sebagai perempuan yang kritis terhadap persoalan-persoalan perempuan yang terjadi pada masa itu.

Seiring perkembangan zaman yang semakin modern, tentunya berkembang pula pola pikir dari setiap orang, khususnya para perempuan. Dahulu, mungkin perempuan hanya bisa melakukan sesuai apa yang diperintahkan, tetapi berbeda dengan sekarang. Perempuan bisa menjadi pribadi yang jauh lebih mandiri dalam melakukan segala sesuatu. Kartini merupakan bagian dari lembaran sejarah yang patut untuk di kenang dan dikagumi, menjadi sosok yang sangat inspiratif bagi perempuan modern saat ini. Peristiwa tersebut sedikit banyaknya memberikan gambaran bahwa kita senantiasa dapat belajar untuk mengembangkan potensi diri agar menjadi pribadi yan  lebih baik lagi. Tentunya tanpa mengesampingkan kewajiban kita. Sehingga tidak heran jika saat ini sudah banyak perempuan Indonesia yang sukses dan menjadi perempuan masa kini yang menginspirasi banyak orang. Berbagai macam rintangan  di tempuh oleh Kartini untuk memperjungkan kesetaraan bagi perempuan. Perempuan masa kini di harapkan bisa menjadi perempuan yang lebih baik.  Seperti halnya turut berpartisipasi dalam berpendidikan, memiliki wawasan yang luas, percaya diri, aktif dan proaktif, selalu optimis, mandiri baik secara finansial maupun dalam keperibadian,  memiliki kecerdasan dan daya guna dimana perempuan harus mampu memberikan manfaat, baik itu untuk diri sendiri maupun untuk lingkungannya, serta tetap menjadi perempuan hebat sesuai dengan kodratnya.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *